Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Pesona Keindahan Wisata Candi Ijo Kalasan Yogyakarta

Pesona Keindahan Wisata Candi Ijo Kalasan Yogyakarta
4.5 (90%) 2 votes

Candi Ijo merupakan candi yang berlokasi di Bukit Ijo. Namanya sendiri diambil dari lokasi candi tersebut dibangun. Namanya saja di bukit, Candi Ijo ini merupakan candi yang letaknya paling tinggi dibandingkan dengan candi-candi lainnya di Jogja. Hal ini disebabkan karena bukit ini mempunyai ketinggian hingga 395 mdpl.

Candi Ijo

Wilayah dari Candi Ijo Kalasan berada di perbukitan yang sama dengan candi lain seperti Candi Barong, Candi Ratu Boko dan Candi Banyunibo. Menurut perkiraan, candi ini dibangun pada abad 9 Masehi. Bila Anda sudah sampai di area candi, Anda bisa menengok sebelah selatan. Akan terlihat lembah yang curam dan indah di sana. Sedangkan, bila memandang ke arah barat, akan terlihat Bandara Yogyakarta di tepi barat perbukitan.

Bangunan Candi Ijo terdiri atas 17 struktur bangunan serta terbagi menjadi 11 teras berundak. Teras yang pertama adalah halaman yang akan menuju di pintu masuk, dan menjadi teras berundak, teras ini membujur dari barat ke timur. Sedangkan teras paling atas, Anda akan menemukan delapan lingga patok.

Berbagai relief yang terpahat di dinding menandakan bila candi ini adalah peninggalan dari umat Hindu. Sedangkan di atas pintu masuk, Anda juga akan menemukan kala makara yang dihiasi motif kepala ganda. Kala makara juga bisa ditemukan pada candi Budha yang menunjukkan jika candi ini adalah bentuk proses sosial yang timbul jika terjadi percampuran dua budaya yang saling bertemu dan mempengaruhi.

Keunikan lain yang dimiliki candi ini ialah bekas salah satu pondasi candi yang dipahat dari bukit kapur yang tertanam di bawah tanah. Beda dengan pondasi candi biasanya yang disusun dari batu andesit. Pahatan yang dilakukan di batu kapur bisa dilihat sedangkan bangunannya belum tersusun. Peninggalan lain yang menarik adalah adanya dua batu prasasti yang ditemukan di teras ke 8.

Lokasi Candi Ijo

Candi Ijo berlokasi di Ds Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY. Untuk menjangkaunya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena menemukan kendaraan umum di daerah ini akan cukup sulit.

Baca Juga

Gunung Api Purba Nglanggeran, Spot Menarik untuk Menenangkan Jiwa
Indahnya Panorama Jogja dari Atas Tebing Breksi

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang datang ke candi ini tak perlu mengeluarkan sepeserpun biaya karena retribusinya gratis alias tidak dipungut biaya apapun untuk mengunjunginya. Anda hanya perlu menyiapkan biaya parkir.

Akses untuk Menuju Candi Ijo

Candi Ijo memiliki jarak kurang lebih 28 km dari arah timur Yogyakarta. Anda bisa menggunakan rute menuju Candi Prambanan, setelah itu pilih arah selatan, arah menuju Candi Ijo ada di jalan raya yang menghubungkan antara Yogyakarta serta Piyungan. Sesudah berjalan kurang lebih 15 menit, Anda akan menemukan papan nama yang bertuliskan Candi Ijo. Jika masih bingung untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan Google Map dan mengikuti arah petunjuk di peta.

Jika Anda ingin menikmati suasana sejuk dan eksotis di candi ini, dalam paket wisata Jogja 1 hari, 2 hari, ataupun 3 hari, bisa mengisi form order di web ini.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
  1. Pingback: Candi Ijo secara keseluruhan – candi ijo

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*