Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Candi Borobudur, Wisata Sejarah dengan Ribuan Kisah

Candi Borobudur, Wisata Sejarah dengan Ribuan Kisah
5 (100%) 1 vote

Candi Borobudur berdiri dengan megah di Perbukitan Menoreh. Bahkan, pernah terdapat masa dimana di bumi Jawadipa berdiri sebuah kerajaan mataram kuno yang sangat kaya raya serta terkenal. Keberadaan hasil bumi yang melimpah dan sumber daya manusia yang cerdas menjadikan kerajaan tersebut bisa membangun mega proyek yang terkenal dengan nama CandiBorobudur.

Candi Borobudur berdiri dengan megah di Perbukitan Menoreh. Candi Borobudur ini memang menjadi kejayaan tempo dulu.

Candi Borobudur merupakan candi Budha yang dibangun di pemerintahan Raja Samaratungga yang berasal dari Wangsa Syailendra. Di abad ke 8 yang lalu, pembangunan proyek ini dipimpin oleh arsitek ulung, tentu saja tanpa bantuan alat canggih dan komputer. Gunadarma mampu menciptakan sebuah bangunan yang sedemikian megah dengan luas 123 X 123 meter persegi. Di dalamnya lengkap dengan 504 patung Budha, 1 stupa induk serta 72 stupa terawang.

Destinasi Wisata Berkelas Dunia 

Candi Borobudur adalah sebuah manifestasi kehidupan manusia dan dibagi menjadi 3 tingkat. Di abad ke 9, Candi ini berkembang menjadi sebuah pusat studi agama Budha. Candi juga menjadi tempat ziarah untuk umat Budha yang berasal dari Myanmar, Tiongkok, Inda dan bangsa lain. Mereka datang secara berbondong-bondong dengan melewati pelabuhan Semarang pada saat itu. Sekarang ini Candi Borobudur juga digunakan sebagai pusat perayaan Waisak.

Karena menjadi destinasi wisata berkelas dunia, Candi selalu ramai dikunjungi wisatawan entah lokal atau pun luar negeri. Berbagai fasilitas penunjang pun disediakan untuk memudahkan wisatawan. Bahkan, resort mewah dan hotel di sekitar Candi ini juga disediakan dengan harga yang terjangkau.

Artikel menarik lainnya :

Pantai Cemoro Sewu, Pantai Eksotis Jogja dengan Jejeran Pohon Cemara

Menikmati Sepotong Senja di Pantai Kesirat

Lokasi Candi Borobudur 

Berlokasi di Desa Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jika Anda dari Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalanan selama 1 jam lamanya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Rute yang haru ditempuh, dari Yogyakarta menuju ke Jalan Magelang setelah itu ke Muntilan, dilanjutkan ke Mendut dan sampai ke Borobudur.

Harga Tiket Masuk ke Candi Borobudur

Harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan untuk masuk ke Candi Borobudur, dewasa Rp 30.000 per orang, anak-anak Rp 12.500 per orang. Bagi rombongan dengan minimal 20 hingga 30 orang bisa memperoleh harga khusus. Destinasi wisata ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore.

Kegiatan di Candi Borobudur

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa Anda lakukan di Candi Borobudur seperti menanti sunset. Di sore hari, sinar matahari masuk diantara lubang-lubang, benar-benar menjadi sebuah pemandangan yang begitu cantik dan sayang dilewatkan.

Selain melihat sunset, Anda juga bisa menunggang gajah. Di Candi Borobudur terdapat beberapa gajah tunggang yang bisa dinaiki para wisatawan. Bila mempunyai uang lebih, Anda dapat mengikuti tur naik gajak di sungai sekitaran candi.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*