Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Legenda Air Terjun Sri Gethuk Tak Mengurangi Kenyamanan Wisatanya

Legenda Air Terjun Sri Gethuk Tak Mengurangi Kenyamanan Wisatanya
Rate this post

Sejuknya lokasi pegunungan membawa nuansa yang nyaman bagi siapa saja yang mendatanginya. Oleh karena itu, wisata alam di daerah pegunungan menarik animo wisatawan. Lagi-lagi wisata alam yang ditawarkan oleh Kota Yogyakarta membawa ketenangan bagi pengunjungnya. Misalnya ada Gunung Api Purba Nglanggeran, ada juga Wisata lereng gunung Merapi. Yang akan kami bahas kali ini adalah air terjun Sri Gethuk. Seru banget wisata di sini gaess!

Legenda Air Terjun Sri Gethuk

@el__elly

Gunung Kidul memang telah dikenal dengan wisata alamnya yang beragam. salah satunya adalah air terjun. Daerah Gunungkidul dengan iklim tropisnya begitu menarik wisatawan. Bisa anda bayangkan ketika berada di lokasi air terjun ini, sejuknya suasana dan dinginnya udara akan menambah kenyamanan wisata Anda. Air terjun Sri Gethuk ini juga sudah populer di kalangan para pelancong.

Baca juga: Pantai Parangkusumo, Walaupun Mistis Tapi Tetap Indah dan Harus Anda Kunjungi

Legenda dari Air Terjun Sri Gethuk

Keberadaan air Terjun Sri Gethuk ini tidak terlepas dari cerita yang berkembang di masyarakat. Legenda yang berasal dari Desa Bleberan menceritakan bahwa air terjun Sri Gethuk merupakan lokasi berkumpulnya jin. Salah satu jin yang memimpin adalah Anggo Meduro. Jin-jin ini sangat menyukai musik yang dihasilkan oleh gamelan. Banyak wisatawan atau warga sekitar yang mendengar suara gamelan ditabuh tetapi jika didekati tidak akan ada bukti seseorang memainkannya. Masyarakat sekitar percaya bahwa suara gamelan adalah hasil tabuhan dari Anggo Meduro. Namun Anda ndak usah khawatir, selama menjaga dan tidak mengganggu di lokasi ini Anda bisa berwisata dengan nyaman.

 air terjun Sri Gethuk legenda cerita desa bleberan

@maia_lan

Yang Bisa Anda Lakukan Selama Berwisata

Gemericik air yang berlimpah turun dari atas tebing memberikan keindahan pada setiap mata yang memandang. Air terjun Sri Gethuk ini memiliki 3 sumber mata air yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Ketiga mata air ini berkumpul dan mengalir melalui tebing tinggi hingga membentuk air terjun Sri Gethuk.

Yang bisa dilakaukan di Air Terjun Srigethuk

@nrul_khotim

Tebing tinggi yang menjulang hampir 50 m mengapit keberadaan air terjun Sri Gethuk. Hijaunya pemandangan pegunungan ditambah dengan persawahan warga sekitar membuat adem yang melihatnya. Keindahan lokasi air terjun juga dilengkapi dengan aliran Sungai Oya yang terkenal tidak pernah surut saat musim kemarau. Anda bisa menjadikan air terjun sebagai spot foto terbaik bersama kawan-kawan dan pengunjung pun diberi keleluasaan untuk bermain air dibawahnya. Anda bisa memuaskan diri merasakan dinginnya air dengan berenang. Jangan khawatir tenggelam, karena pengelola lokasi wisata di sini sudah memberikan fasilitas berupa persewaan pelampung atau ban dengan harga terjangkau. Asyik to..?

Lokasi Wisata

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk ditempuh dengan menuju Desa Bleberan, kecamatan Playen, Gunungkidul untuk menemukan air terjun Sri Gethuk. Anda bisa menggunakan motor/mobil pribadi, bahkan bisa pula menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke lokasi.

Harga Tiket dan Fasilitas

Akses yang mudah dan harga tiket yang murah membuat wisatawan berdatangan. Tiket Air Terjun Sri Gethuk ini Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 7.000 per orang. Jika ingin menyewa perahu untuk menyusuri sungai biayanya sebesar Rp 10.000 per orang, dan sewa pelampung Rp 2.000 saja. Di lokasi wisata juga sudah banyak warung-warung makan yang bisa Anda coba.

 

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*